EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT DIAPOTEK INDONESIA

Erviana Ekasari, Sri Wahyuningsih

Abstract


Mengetahui seberapa puas pasien terhadap pelayanan informasi obat farmasi menjadi tujuan penelitian ini. Metode ini menggunakan jurnal yang disetujui dan publikasi yang memenuhi syarat dari tahun 2014 hingga 2024 yang dapat ditemukan melalui jurnal internasional, Google Scholar, dan Pub Med. Berdasarkan tema, dua puluh jurnal tampaknya memenuhi persyaratan, berdasarkan literatur. Pelayanan informasi obat memegang peranan penting dalam pelayanan kefarmasian karena pasien perlu mengetahui obat yang diminumnya untuk mencegah kesalahan dalam interaksi dosis dan efek samping, terutama pada obat yang memerlukan kehati-hatian ekstra. Temuan keseluruhan tinjauan tersebut menunjukkan bahwa meskipun beberapa apotek telah melakukan tugasnya dengan baik dalam menawarkan layanan informasi obat, masih banyak hal yang dapat dilakukan. Kepuasan pasien dapat lebih ditingkatkan lagi dengan peningkatan efektivitas layanan dan keakuratan informasi pengobatan. Pasien mengungkapkan kepuasan yang besar terhadap kualitas layanan informasi obat di apotek. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan informasi pengobatan, kebahagiaan pasien akan menjadi tolak ukur kinerja dan pelayanan. Selain itu, memberikan pasien akses terhadap informasi obat dapat meningkatkan kepatuhan resep, meningkatkan kemanjuran terapi, dan menurunkan penyalahgunaan atau ketidakefektifan obat.

Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan informasi obat, apotek


Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Adityawati, r., latifah, e., & hapsari, w. S. (2016). Evaluasi pelayanan informasi obat pada pasien rawat jalan di instalasi farmasi puskesmas grabag i. Jurnal farmasi sains dan praktis, 1(2), 6-10. Https://journal.unimma.ac.id/

Aida, n. (2023). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di apotek doa bunda sentani kabupaten jayapura. Jurnal biogenerasi, 8(1), 275-280. Https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2093

Aprilia, n., & wijoyo, y. (2023). The level of consumer satisfaction with the non-prescription drug information service at the pharmacy wedomartani yogyakarta area. Medical sains: jurnal ilmiah kefarmasian, 8(3), 1171-1184. Https://doi.org/10.37874/ms.v8i3.817

Arfania, m., daeli, s. N., & latifah, y. (2022). Evaluasi tingkat kepuasan pasien diabetes melitus terhadap pelayanan informasi obat di puskesmas karawang. Pharma xplore: jurnal sains dan ilmu farmasi, 7(2), 46-54. Https://doi.org/10.36805/jpx.v7i2.2918

Desiana, g., salam, m. R., & rahmat, n. (2023). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek kimia farma sao-sao unit bisnis kota kendari. Journal pelita sains kesehatan, 3(2), 54-66.

Harahap, n. E. (2023). Evaluasi pelayanan informasi obat pada pasien rawat jalan di instalasi farmasi klinik sehat muara bungo. Midwifery health journal, 8(1). Https://doi.org/10.52524/midwiferyhealthjournal.v8i1.177

Hartono, m. H., oktresia, e. E., & sovia, f. (2023). Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di apotek wilayah lombok timur. Sinteza, 3(2), 74-79. Https://doi.org/10.29408/sinteza.v3i2.18969

Juliawati, n. W. M., citraningtyas, g., & jayanto, i. (2019). Tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan obat di instalasi farmasi rumah sakit robert wolter mongisidi manado. Pharmacon, 8(4), 945-952. Https://doi.org/10.35799/pha.8.2019.29374

Krisnawati, m. (2022). Gambaran pelayanan informasi obat (pio) terhadap kepuasan pasien di apotek afi farma bantul. Jurnal indonesia sehat, 1(03), 256-261. Https://jurnal.samodrailmu.org/index.php/jurinse

Lestari, a. E., nofita, n., & ardiyansyah, a. (2023). Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di klinik ummi hc kedaton. Jurnal medika malahayati, 7(1), 492-498. Https://doi.org/10.33024/jmm.v7i1.9469

Muharni, s., zur rahma, m., aryani, f., & husnawati, h. (2023). Tingkat kepuasan responden terhadap pemberian informasi obat di apotek mandiri smart kota pekanbaru. Lumbung farmasi: jurnal ilmu kefarmasian, 4(1), 13-21.

Nuraini, a., rahayu, d., rokhani, r., sa’diyah, h., aristia, b. F., & ningsih, a. W. (2023). Evaluasi pelayanan informasi obat pada pasien rawat jalan di puskesmas x kabupaten bangkalan. Indonesian journal of pharmaceutical education, 3(3). Https://doi.org/10.37311/ijpe.v3i3.22891

Oktawilova, l., noriwirahmi, n., & maiyulis, m. (2019). Tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pemberian informasi obat (pio) diinstalasi farmasi rawat jalan rsud curup rejang lebong. Jurnal vokasi keperawatan (jvk), 2(2), 133-140. Https://doi.org/10.33369/jvk.v2i2.10692

Pramestyani, e. D., ratnasari, d., & panduwiguna, i. (2023). Evaluasi pelayanan informasi obat di instalasi farmasi rawat jalan uptd puskesmas ciasem kabupaten subang. Jurnal farmasi kryonaut, 2(2), 14-18. Https://doi.org/10.59969/jfk

Purwaningsih, n. S., senjaya, a., & rukmana, j. U. (2022). Analisis pelayanan informasi obat (pio) pada pasien di apotek x periode mei 2021. Edu masda journal, 5(2), 147-154. Http://dx.doi.org/10.52118/edumasda.v5i2.129

Rahayu, s. (2023). Evaluasi tingkat pengetahuan pasien terhadap pelayanan informasi obat (pio) oleh apoteker di apotek di kota surakarta. Duta pharma journal, 3(1), 55-64. Https://doi.org/10.47701/djp.v3i1.2783

Safitri, t. N., dm, p. O., & prabandari, r. (2021, november). Evaluasi tingkat pengetahuan pasien terhadap pelayanan informasi obat (pio) di apotek kabupaten banyumas. In seminar nasional penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (pp. 292-297). Https://prosiding.uhb.ac.id/index.php/snppkm/article/view/804

Sorena, e., slamet, s., & margaret, m. (2020). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat (pio) di puskesmas kandang kota bengkulu. Mitra raflesia (journal of health science), 12(2). Http://dx.doi.org/10.51712/mitraraflesia.v12i2.34

Suprasetya, e., & nugroho, h. (2020). Kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di apotek sumber sehat yogyakarta. Jurnal permata indonesia. Https//jurnal.permataindonesia.ac.id

Syamsu, a. S. I., & farida, f. (2015). Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di apotek rawat jalan rsud labuang baji makassar. As-syifaa jurnal farmasi, 7(2), 197-208. Https://doi.org/10.56711/jifa.v7i2.12




DOI: http://dx.doi.org/10.58327/jstfi.v13i2.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 
 
Jurnal Sains dan Teknologi Farmasi Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats View MyStat